Gerakan Kebangkitan Islam

Pengantar

Bismillahirrahmanirrahim

Halaman ini khusus dibuat untuk bersama-sama memahami berbagai gerakan Islam yang berusaha untuk membangkitkan kembali kejayaan kaum muslim yang dihancurkan sejak runtuhnya Khilafah yang terakhir pada tahun 1924 M.

Dengan halaman ini penulis memiliki impian terjadinya sinergisitas perjuangan dari berbagai gerakan Islam untuk satu tujuan yang jelas untuk kembalinya kejayaan Islam tersebut.

Semoga para pembaca dapat memberikan masukkan dan koreksi jika terdapat kesalahan dan kekeliruan penulis dalam mencoba mendeskripsikan berbagai gerakan tersebut.

Pembahasan berbagai gerakan tersebut akan dimulai gerakan yang menembus batas nasional dan gerakan-gerakan lokal (nasional) di Indonesia.

Semoga halaman ini bermanfaat dan memiliki andil untuk perjuangan kebangkitan Islam. Amin.

Hanya Allah lah Yang Mahaperkasa dan Mahakuasa. Di sisi-Nyalah Pertolongan. Tidak ada pertolongan kecuali dari sisi-Nya. Namun, pertolongan Allah kepada hamba-hamba-Nya yang Mukmin dan Shiddiq sangat berkaitan dengan pertolongan mereka kepada (agama)-Nya. Allah SWT berfirman (artinya):

“Hai orang-orang yang beriman, jika kalian menolong (agama) Allah, Niscaya Dia akan menolong kalian dan meneguhkan kedudukan kalian” (TQS. Muhammad [47]: 7)

Semoga keselamatan selalu tercurah kepada Rasulullah SAW, keluarga dan sahabatnya serta kaum muslim yang selalu mengikuti petunjuk. Amin.

Gerakan Islam Kontemporer Dari Pertumbuhan, Tujuan dan Metode Perjuangannya.

Berbagai gerakan (harakah) dan jamaah dakwah Islam Kontemporer dapat dibagi menjadi tiga kategori utama. Pertama: harakah atau jamaah dakwah yang berjuang untuk mewujudkan perubahan menyeluruh di tengah-tengah masyarakat  dengan metode meraih kekuasaan dan penerapan hukum-hukum syariat (Islam) sebagai pengganti sistem-sistem yang ada (exist) saat ini. Kedua: harakah atau jamaah dakwah yang berjuang melakukan perbaikan-perbaikan individu-individu, penyebaran ibadah dan keterikatan individual terhadap hukum-hukum Islam; tanpa bertujuan merubah masyarakat sebagai suatu keseluruhan; juga tanpa beraktivitas mewujudkan perubahan mendasar di tengah-tengah masyarkat, yakni perubahan sistem dan perundang-undangan yang diterapkan atas manusia saat ini. Ketiga: harakah atau jamaah yang memiliki tujuan sesaat yang terbatas. Harakah/jamaah dakwah demikian hany khusus berada di suatu wilayah atau beberapa wilayah saja.

Tidak semua harakah yang ada kami dapat paparkan, namun kami berusaha untuk memaparkan berbagai harakah yang kami anggap dapat mewakili dan dikenal luas dimasyarakat untuk masing-masing kategori yang telah disburkan di atas.

Berikut harakah-harakah yang masuk dalam masing-masing kategori tersebut:

Harakah Kategori Pertama:

1. Ikhwanul Muslimin

2. Dakwah Salafiyah (Gerakan Salafi)

3. FIS (Aljazair)

4. Tanzhimul Jihad (Mesir)

5. Hizbut Tahrir

Harakah Kategori Kedua:

1. Da’wah ash-Shufiyyah (Dakwah Sufisme)

2. Jama’ah ad-Da’wah wa at-Tabligh (Jamaah Dakwah dan Tabligh)

Harakah Kategori Ketiga:

1. Jihad Islami & Hamas di Palestina

2. Hizbullah di Lebanon

Pada pemaparan harakah-harakah ini kami membatasi hanya pada kategori pertama dan kedua, dan tidak membahas harakah pada kategori ketiga yang memiliki tujuan yang terbatas lokal saja (sesaat). Apa yang akan kami paparkan untuk masing-masing harakah terdiri dari pendiri, tujuan dan metode yang ditempuh untuk mencapainya (manhaj). Terakhir kami akhiri dengan kajian dan analisis metode dakwah rasulullah untuk kebangkitan dan perubahan masyarakat.

Berikut adalah paparannya:

bersambung

3 thoughts on “Gerakan Kebangkitan Islam

  1. Tuhan tidak perlu dibela. Allah Maha Perkasa dan Kuasa untuk mengatur hamba-hamba dan ciptaan-Nya tanpa dimensi ruang dan waktu. Manusialah dengan otoritas yang diberikan Allah menunjukkan ijtihad dan tanggung jawab atas amal kemanusiannya di bumi ini, tanpa sebuah klaim kebenaran. Bukankah kita dulu sudah berikrar untuk itu?

  2. Assalamu’alaykum.wr.wb..
    apakah pembahasan tentang haraqah yang bersambung diatas sudah ada lanjutannya??
    kalo sudah mhon link nya..
    syukron katsiron..
    Wassalamu’alaykum.wr.wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s