Tentang Saya

Only Musafir…

adalah blog perjalanan hidup seorang hamba Allah…

Hamba yang ingin memberikan manfaat dan karya terbaiknya untuk sesama…

Hamba yang hanya berharap ridha Allah dalam setiap langkah kehidupannya…

Selamat datang di website sederhana ini dan Salam Kenal dari saya:

Fauzan Al-Banjari adalah nama saya. Lahir di Barabai Kalimantan Selatan 27 Januari 1980. Alhamdulillah telah menyelesaikan studi di Magister Teknik Industri (S2) Universitas Trisaksti Jakarta  pada Januari 2009 sedangkan studi S1 di jurusan Teknik Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta pada tahun 2002.

Sampai saat ini pengalaman kerja yang pernah ditekuni masih sedikit, dulu pernah jualan obat-obatan, pernah juga  sebagai Manajer Analisa Kelayakan Usaha pada Lembaga Ekonomi Bagi Hasil di Yogyakarta. Saat ini menjadi coach dan konsultan profesional perancangan bisnis super ekselen.

Aktivitas sehari-hari, senang sekali dapat berbagi ilmu keislaman, melalui tulisan, kajian, training, short course dan coaching. Kegiatan lain yang dilakukan dalam hal pendidikan adalah mengajar di jurusan Teknik Industri Universitas Islam Indonesia (2007-2009), serta menjalankan amanah sebagai Kepala Laboratorium Inovasi dan Pengembangan Organisasi di Universitas yang sama (2007-2009). Alhamdulillah sampai saat ini telah menyelesaikan lebih dari 20 buku.

Prinsip hidup yang terus dijaga dan mudah-mudahan dapat terus istiqomah adalah: “Belajarlah dari siapa saja, karena semua orang adalah guru kehidupan. Hormatilah para ‘alim ulama karena mereka adalah pewaris para nabi dan semoga ilmu yang diperoleh dari mereka menjadi barokah dan bermanfaat untuk hidup kita.”

Beberapa karya tulis yang pernah diterbitkan dalam bentuk buku antara lain:

Understanding Mazhab Memahami Ikhtilaf Fuqaha, Understanding Qawaid Syar’iyyah, Hukum Sholat Bagi Musafir, Tahlilan dalam Perspektif Islam,  Sepiring Kemandirian (konsep kemandirian dalam Islam), Longlife Motivation Karena Anda dunia Menganl Apa?, Extreme Kuliner Fiqh Seputar Makanan dan Minuman, Hukum Islam Seputar Riba dan Pegawai Bank, Meraih Majelis Surga dan Bunda Ijinkan Kucium Keningmu, Designing The Super Business Excellence; Perancangan Bisnis Berbasis Syariahd (Buku 1), Designing The Super Business Excellence; Studi Kelayakan Bisnis Syariah (Buku 2). Dalam menulis buku nama yang biasanya digunakan adalah Fauzan Al Banjari.

Dua buah cerpen perjuangan selagi masih muda dulu (saat kuliah) pernah ditulis dan diterbitkan oleh majalah remaja Islam PERMATA tahun 2002 dengan judul “Rembulan Separuh Di langit Palestina” dan “Tentara-tentara Allah”.

Saat ini sudah tidak sendiri lagi, sudah ada yang menemani isteri tercinta Nurul Maulidah, S.Farm.

36 thoughts on “Tentang Saya

  1. Akhi …salam kenal dari ana ….muharrikdaie. Hamba yang sentiasa bergerak dan mendambakan tarbiyah dalam hidupnya … Tarbiyah adalah makanannya dakwah adalah hiburannya …

    Semuga thabat diatas jalan dakwah ini.

  2. .::Blogwalker::.

    Assalamu’alaikum wr wb… Lagi jalan-jalan ni ustadz… Nemuin site antum, Jazakallah khair For Share (JFS)…

    Salam ukhuwah dari hangatnya kota pahlawan,
    Freeda March.

    Wassalamu’alaikum wr wb.

  3. Assalamu’alaikum,

    “…..Berhenti sejenak, untuk mengisi energi yang mulai berkurang, dalam perjalanan ini…..”

    Salam Ukhuwah,

  4. Assalamualaikum wrwb.
    aduh pa Ustad saya seneng banget lihat situs nya ustad salm kenal dari saya di saudi arabia… tepat nya kota taif.. kapan -kapan saya banyak pertanaayaan buat ustad… maklum saya tinggal di sini tdk ada.. acara untuk penyegaran rohani di negara yg notabene Islam ….

  5. assalamualikum.wrwb
    Bukan pa Ustad… saya bekerja disini ,dan kebetulan tiap hari rumah saya banyak di kunjungi teman2 , yg bertanya soal agama… dan banyak tenaga kerja yg belum bisa ngaji.. tapi tersandung waktu ,dan peradaban yg melarang orang asing berkumpul <> diluar maktab Jaliat <> sedangkan kami jaraknya ke maktab itu 30 kg. akhirnya saya mau bikin buletin mingguan cukupla 2 lembar bagi mereka yg haus pendidikan..agama <>

    • Begitu… Subhanallah. Semoga Allah memudahkan antum. dengan niat ikhlash dan amal yang benar untuk menolong agama Allah, maka Allah akan menolong kita. itu janji Allah. InsyaAllah. semoga tetap istiqomah.

  6. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Salam kenal ustadz. Saya dari Banjarmasin, sama-sama al-Banjary 🙂

    Semoga Allah memudahkan saya agar saya bisa seperti ustadz…

    Baarakallahu fiik…

    • Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabaraktuh…
      Salam kenal juga. alhamdulillah katamu papadaan urang banjar jua…
      Semoga Allah memberikan pentujuk dan kemudahan dalam memahami agamanya. Amin

    • Terimakasih sudah mampir di blog sederhana saya. nice profile too in desaindigital.com. menjadi penulis buku-buku komputer dengan otodidak saya fikir membutuhkan kemampuan yang di atas rata-rata. salut.

  7. Assalamualaikum

    Senang sekali dengan membaca artikel bisa copy paste Bang?
    Selintas membaca sinopsis artikel Meraih Majelis Surga karangan bang Fauzan, sangat terasa rukhiyah dan seolah-olah bersama Rasulloh dan sahabatnya di Taman Surga, Bisakah di kasih gratis?he….

    Abah berasal dari Tapin, Kalsel. Apakah saya juga albanjary juga?

    Jazakalloh

    • wa’alaikumsalam wr.wb
      copy paste tnetu boleh dengan mencantumkan asal sumbernya. Hak Cipta Milik Allah…
      salam kenal. kalau antum menjadikan banjar jadi kampung halaman, sah-sah saja menggunakan al-Banjary…

  8. Assalamu’alaikum wr,wb.
    subhanallah ust….bagus banget artikel2nya…terutama tentang renungan ataupun hikmah….ust, jujur qu pengin bgt konsultasi dg ust…tp masalah privacy bgt….kr2 da sarana yg sesuai gak ntuk ini semua…trus sekedar saran tolong perbanyak hikmah’a ust….syukron katsiron…jazakumullahu khoiron katsiro….
    wassalam

  9. Awwb

    Saya barusan baca buku kecil judulnya Tahlilan Dalam Perspektif Islam by Fauzan Al Banjari, cuma 48halaman warna biru. Penerbitnya Ar Raudhoh Pustaka, di cetak pertama, Sya’ban – 1427 H/ September 2006 M. Editor Nurul M – Jogjakarat: ar Raudhoh Pustaka, 2006 48h. ; 10,5cm.

    Brp harga buku tsb? kalau mau pesan 75gitu, brp yach? soalnya barusan kakekku wafat & mrk rencan bikin tahlilan 1,3, 7, 40, 100, setiap thnnya. Ingin sekali ku sebarkan buku kecil ini di saat tahlilan 1 ato 3.

    Mohon di balas scptnya. Dimanakah bisa membelinya buku tsb , rmh mrk di Banyu Urip & Darmo Surabaya???

    Wassalam

    Dhona

  10. Afwan boleh saya share tidak artikel tentang tabaruj di fb saya? karena saya ingin sekali saling mengingatkan dengan saudara2 saya… bolehkah? syukran katsir sebelumnya

    • Tafadhal… afwan baru bisa aktif lagi tuk online sekarang… bagi siapa saja mau share dan memanfaatkan tulisan-tulisan diblog saya ini dipersilahkan, asal mencantumkan sumbernya dari blog ini…

  11. Assalamu’alaikum wr,wb
    salam kenal ustad…saya aldi,sudah 1 tahun saya nikah sama istri saya,yang perlu saa tanyakan.orang tua istri saya sudah lama bercerai..sewaktu kami melangsungkan pernikahan bapak isri saya tidak mau datang dalam pernikahan kami,adknya, kakaknya dari bapak isti saya juga gak datang,adek kandung dari istri saya juga tidak datang sehingga orang tua dari istri saya mengambil keputusan,yang menikahi kami adalah wali hakim…yang saya per tanyakan.apakah pernikahan saya sah dimata agama?tolong dijawab ya…ustad

    • Wa’alaikumsalam warahmatulahiwabarakatuh..
      Ketiadaan atau wali tidak mengijinkan harus dilihat alasannya. syar’i atau tidak (silahkan lihat soal jawab pada blog ini:bolehkah-menikah-tanpa-wali). Jika alasannya syar’i, maka pernikahan yang dilakukan oleh wali hakim tidak sah karena wali hakim tidak berhak menjadi wali selama masih ada wali dari pihak perempuan. Namun, jika alasannya tidak syar’i maka wali hakim sah untuk menikahkan pasangan. Dalam pertanyaan saudara tidak disebutkan alasan ketidakdatangan atau ketidak setujuan dari wali pihak wanita. Sehingga yang dapat kami sampaikan hanyalah masalah syarat kebolehan seorang wali hakim dalam menikahkan sebagaimana telah kami jelaskan dalam soal jawab tentang wali nikah di atas. Wallahu’alam…

  12. Assalamualaikum ustadz..
    mashaAllah banyak artikelnya yg bermanfaat….
    salam kenal untuk istri dari pejuang di London..
    mohon doa agar kami semua tetap dalam hidayah Allah…amin…
    wassalam
    Umm Nusaybah

  13. assalammualaikum akh,

    syukron atas tausiyahnya, terutama mengenai hukum kerja di bank konvensional. alhamdulillah itu menjadi penguat ana untuk resign dari kerjaan sekarang di bank konvensional. mudah-mudahan kebaikan antum di balas Alloh azza wa jalla.

  14. assalamu’alaikum…
    salam kenal ustadz,,semoga saya bisa mengambil hikmah dari tulisan2 ust dan menjadi hamba Allah yang lebih baik amiiiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s